Jumat, 12 Februari 2010

Bentuk dan jenis YoYo

Bentuk YoYo terdapat 4 macam :

Imperial, merupakan bentuk klasik merupakan bentuk generasi awal dari Yo-yo, yaitu berbentuk Bola, yang bagian tangahnya di beri celah, bentuk ini biasanya digunakan untuk trik dasar naik turun dan waktu putaran yo-yo diujungtali (sleeper) tidak begitu lama dan bahkan digunakan untuk Looping (berputar balik) saja.

classicyoyoshape

Modified
bentuk ini memiliki celah sedikit lebih lebar dari bentuk klasik/imperial, sehingga masih memungkinkan untuk menyangkutkan tali diantara celahnya, bagi sebagian pemain, bentuk ini lebih sering digunakan untuk melakukan trik-trik dasar bermain yo-yo… karena masihbisa melakukan trik looping.

modifiedshape

Russel
Merupakan penemuan dari pemain Yo-yo bernama Russel, perkembangan dari bentuk Kombinasi antara Modifikasi dengan bentuk imperial, bentuk ini didesain untuk bisa melakukan trik Tali dan trik Looping.

Butterfly
Celah lebar, digunakan untuk trik-trik Tali, yang melingkar diantara celah yo-yo. jarak celah yang melebar memudahkan tali untuk masuk kedalamnya dan memperkecil gesekan antara tali dan body yo-yo, sehingga yo-yo bisa berputar lebih lama.
AODA classic

Jenis respon yo-yo 3 jenis respon

a. responsive
ketika yo-yo dimainkan, akan mudah kembali ke tangan
Trik ini baik digunakan untuk trik looping dan atau Double looping.

b. auto return
sistem respon ini disebut juga sistem pintar, karena yo-yo akan otomatis kembali ke tangan jika putarannya sudah melemah. Biasanya cocok digunakan oleh pemula. Saat mereka belajar melempar yo-yo. Jika lemparannya sudah kuat dan baik, maka putaran di ujung tali akan lebih lama.

c. Unresponsive
sistem unresponsive ini adalah merupakan respon yang paling banyak diminati oleh para pemain string tricks… ketika yo-yo di tarik, yo-yo tidak akan kembali ke tangan. melainkan akan terus berputar diujung tali. untuk mengembalikannya digunakan cara khusus, yaitu dengan mengganjal dengan tali yo-yo itu sendiri… atau dinamakan istilah BIND.

dikutip dari : Artikel pak Oke Rosgana

Tidak sekedar naik turun saja, YoYo juga masih ada kaitannya dengan rumus-rumus Fisika. Dan YoYo yang baik itu tidak hanya asal desain ternyata, dibaliknya ada rahasia yang tidak kita ketahui.

Untuk lebih mendetailnya bisa dilihat di link ini :


Pada saat pertama kali saya dapetin YoYo Rainbownya, pertama-tama saya langsung melancarkan trik Sleeper. Karena sebelumnya ga pernah pake YoYo mahal dan ga pernah ngliat dengan mata kepala sendiri ada YoYo bisa sleeper lama, begitu Rainbow bisa sleeper ampe 1 menit lebih aq kaget banget. Aq kelimpungan juga waktu nyoba ngebalikin YoYony ke tangan, karena blum pernah belajar teknik bwt bind.

Butuh waktu 2 hari latihan buat aq lancar naik-nurunin YoYony. Setelah itu aq langsung nyobain semua teknik dasar yang aq bisa. Beruntung saja ga ada masalah, hanya Loop the Loop saja yang g bisa karena keterbatasan YoYonya. Aq kurang bisa Loop the Loop pake Rainbow, selain kurang responsive YoYo metal kalo kena kepala sakiiiiiiittttttt banget broo!!!!

Dasar-dasar bermain Yo Yo adalah sebagai berikut :

* Sleeper
* Forward Pass
* Walk the dog
* Creeper
* Rock the Baby
* Around the World
* Loop the Loop
* Breakaway
* Elevator
* Rocket

Teknik yang sudah aq kuasain baru Split the Atom, Brain Twister, Trapezee, Mach 5. Kurang puas dengan itu aq segera cari-cari referensi buat teknik Intermediate yang aq pelajarin berikutnya.

Aq biasanya nyari referensinya lewat You Tube, disana ada banyak kok. Selain itu juga terdapat situs-situsnya tersendiri. Kebanyakan berbahasa Inggris semua. Situs-situs yang bisa dijadikan referensi untuk mencari trik, antara lain

www.kwos.ca

www.yomania.com

http://mastermagic.net/

www.yomega.com/tricks

http://yoyoexpert.com/learn/

Aq biasanya tanya-tanya tentang YoYo nie di www.yoyoshaman.com maklumlah masiy cupuuu…. Heuheuheu…

nb: Kalo ada yang salah, mohon maaf ya…. maklum nie masih newbie tentang Yo Yo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar